Wisata Green Canyon Pangandaran

DSCN0821.JPG

Seandainya merasa terlalu jauh berkunjung ke Grand Canyon yang ada di Amerika sana, waktu ini Anda tidak butuh terlalu kecewa lagi. Indonesia nyata-nyatanya juga punya Green Canyon sendiri yg tidak kalah cantiknya. Sebetulnya tempat ini punya nama asli yaitu Cukang Taneuh. Nama Green Canyon sendiri dipopulerkan oleh seorang warga Perancis pada th. 1993. Tengah Cukang Taneuh punya arti yaitu jembatan tanah. Hal sejenis ini lantaran di atas lembah dan jurang Green Canyon ada jembatan dari tanah yang difungsikan oleh lebih dari satu petani di tentang sana buat menuju kebun mereka.

Green Canyon Indonesia ini ada di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat. Dari Kota Ciamis sendiri berjarak tentang 130 km atau seandainya dari Pangandaran berjarak tentang 31 km. Di dekat obyek wisata ini ada obyek wisata Batukaras serta Lapangan Terbang Nusawiru.
Object wisata mengagumkan ini sebetulnya yaitu aliran dari sungai Cijulang yang melintas menembus gua yang penuh dengan keindahan pesona stalaktif dan stalakmitnya. Selain itu daerah itu sanggup diapit oleh dua bukit, juga karenanya ada banyak bebatuan dan rerimbunan pohon-pohon. Seluruh nya itu bikin seperti satu lukisan alam yang demikianlah unik dan demikianlah menantang buat dijelajahi.

Buat mendapatkan tempat ini wisatawan harus pergi dari dermaga Ciseureuh. Selanjutnya melanjutkan perjalanan dengan pakai perahu tempel atau kayuh yang banyak tersedia di sana. Jarak pada dermaga dengan tempat Green Canyon tentang 3km, yang sanggup ditempuh kurun saat 30-45 menit. Sepanjang perjalanan kita akan lewat sungai dengan air berwarna hijau tosca. Barangkali saja dari sinilah nama Green Canyon berasal.

Sekian nampak jeram dengan alur yang sempit yang susah dilewati oleh perahu berarti udah tiba di mulut Green Canyon, di mana airnya terlalu jernih berwarna kebiru-biruan. Di sinilah awal petualangan menjelajah keindahan obyek wisata ini di awali. Dari sini wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke atas dengan berenang atau merayap dipinggir batu. Di siapkan ban dan pelampung buat yang tentukan buat berenang. Meskipun harus menjalani langkah seperti ini, perjalanan di jamin sepenuhnya aman. Bahkan buat anak-anak 6 th. ke atas cukup aman buat menyusuri aliran sungai dengan pakai ban dan dipandu oleh yang punya perahu yang disewa.
Perjalanan selamanya ada pada cekungan dinding terjal di kanan kiri aliran sungai. Dinding-dinding buat memberikan keindahan sendiri, yang paling unik berwujud serupa satu gua yang atapnya udah jatuh. Selain itu di bagian atas demikian kali pengunjung akan lewat stalaktit-stalaktit yang tetap masih dialiri tetesan air tanah. Setelah sebagian ratus mtr. berenang, akan nampak sebagian air terjun kecil di bagian kiri kanan yang demikianlah menawan. Seandainya diteruskan berenang jadi pengunjung akan sampai pada ujung jalan, di mana ada gua yang di huni banyak kelelawar.

Alur aliran sungai ini cukup panjang, sampai pengunjung dapat berenang sepuas-puasnya sambil ikuti arus dari air terjun. Kecuali pemandangan indah di atas permukaan air, Green Canyon akan jadi surga sendiri buat yang gemari menyelam. Tinggal membawa sebagian alat selam, pemandangan menakjubkan cekungan-cekungan di dalam air siap buat dikilas balik dan di nikmati, lengkap dengan beragamnya ikan-ikan yang berenang ke sana kemari di basic lubuk. Buat yang gemari menantang adrenalin, dapat meloncat dari satu batu besar dengan ketinggian 5m ke basic lubuk yang dalam.

Buat Anda yang nyata-nyata pengen nikmati keindahan obyek wisata Green Canyon harus menyadari dengan musim-musimnya. Dikarenakan saat terbaik agar dapat nikmati keindahaan obyek wisata ini yakni sebagian saat setelah masuk musim kemarau. Dikarenakan seandainya pada musim hujan, dikuatirkan deras sungai dan warna airnya pasti juga jadi coklat.
Selagi sebelum akan Anda menetapkan buat ke Green Canyon, seharusnya lebih dulu menyiapkan duwit tunai yang cukup. Pasalnya, disana tidakada bank atau ATM. Buat ATM, tempat penginapan dan tempat akomodasi yang lengkap sanggup Anda capai di Pangandaran.

Buat akses berperahu, disana ada armada perahu yang cukup banyak. Ada tentang 100 unit perahu yang dapat mengantarkan Anda buat menelusuri obyek wisata ini. Pada tiap tiap perahu akan dilengkapi seorang juru dan pekerjaan batu buat memandu Anda dalam perjalanan.
Rute perjalanan yang butuh ditempuh buat menuju Green Canyon yaitu :
Dari JAKARTA dan BANDUNG,
Anda sanggup ikuti Rute Arah ke Jawa Tengah dengan melalui Kota Tasik-Ciamis Kota-Kota Banjar- Pangandaran.
Dari JAWA TIMUR dan JAWA TENGAH,
Buat JAWA TIMUR anda dapat menuju Arah JAWA TENGAH lebih dulu, selanjutnya dilanjutkan buat mengambil jalur ke Jawa Barat dengan ikuti jalur Arah (Purworejo-Kebumen-Wangon-Banjar- Pangandaran-Ciamis).
Buat Anda yang pakai kendaraan umum, pasti tidak butuh susah pikirkan rute. Dikarenakan sopir akan membawa Anda Lekas ke Pangandaran (Green Canyon). Tapi yang dibutuhkan dicermati yaitu tempat Anda Menginap disana, anda sanggup tentukan penginapan yang ada di hotel-hotel yang tersedia banyak di Pangandaran atau bisalah menginap di obyek wisata Batukaras yang terlalu berdekatan dengan Green Canyon

Tinggalkan komentar